VISUALIZATION OF ANIME RANKING ANALYSIS DATA AND RECOMMENDATION SYSTEM USING PYTHON PROGRAMMING
DOI:
https://doi.org/10.35457/c4xndr46Keywords:
visualisasi data, sistem rekomendasi, anime, python, google colabAbstract
Di era digital, visualisasi data dan sistem rekomendasi menjadi alat penting dalam industri hiburan untuk membantu pengguna menemukan konten yang sesuai dengan preferensi mereka. Penelitian ini menggabungkan visualisasi data dan sistem rekomendasi dalam menganalisis peringkat anime menggunakan bahasa pemrograman Python. Google Colab digunakan untuk mengembangkan sistem yang menganalisis peringkat anime dan memberikan rekomendasi kepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi data dapat membantu pengguna memahami informasi kompleks tentang peringkat anime dengan mudah. Sistem rekomendasi yang dikembangkan menggunakan pendekatan Collaborative Filtering dan Content-Based Filtering menghasilkan rekomendasi yang akurat dan personal bagi pengguna. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan visualisasi data dan sistem rekomendasi dalam analisis peringkat anime dapat memberikan nilai tambah bagi industri hiburan. Hal ini membantu pengguna menemukan konten yang mereka sukai dengan mudah dan membantu penyedia konten dalam memahami preferensi pengguna untuk meningkatkan pengalaman menonton anime secara keseluruhan..
Downloads
References
M. Ariandi dan S. R. Puteri, “Analisis Visualisasi Data Kecamatan Kertapati menggunakan Tableau Public,” Bulan Oktober, 2022.
S. Abdullah, “Visualisasi Data Analisa Sentimen RUU Omnibus Law Kesehatan Menggunakan KNN dengan Software RapidMiner,” J. Ilm. Komputasi, vol. 8, no. 3, 2023.
A. Ramadhan dan D. W. Putra, “Visualisasi Data Mahasiswa Baru Tahun 2022 di Institut Agama Islam Negeri Metro Menggunakan Google Looker Studio,” J. Ilm. Komputasi, vol. 22, no. 4, pp. 567–574, 2023.
R. G. Guntara, “Visualisasi Data Laporan Penjualan Toko Online Melalui Pendekatan Data Science Menggunakan Google Colab,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 6, 2023.
L. Husna, P. Eko, dan P. Utomo, “Analisis dan Visualisasi Data Body Performance Menggunakan Tiga Tools,” J. Ilm. Intech: Inf. Technol. J. UMUS, vol. 5, no. 1, pp. 32–40, 2023.
A. Hidayatullah dan A. Berliana, “Workshop Pengenalan Dasar Pemrograman Python dengan Google Colaboratory,” 2023.
I. A. Muhajir dan D. Yusuf, “Analisis Hubungan Popularitas Studio Animasi dengan Anime Menggunakan Metode Pengambilan Data Web Scraping pada Situs Myanimelist.Net,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 16, pp. 258–275, 2022, doi: 10.5281/zenodo.XXXXXX.
N. Andari dan A. G. M. Litaay, “Anime Trend as An Advert Genre in Indonesian Youtube,” J. Dev. Res., vol. 6, no. 2, pp. 164–170, Nov. 2022, doi: 10.28926/jdr.v6i2.245.
F. Wilyani, Q. N. Arif, dan F. Aslimar, “Pengenalan Dasar Pemrograman Python dengan Google Colaboratory,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.55606/jppmi.v3i1.1087.
A. William, B. Setiadi, dan S. Halim, “Perancangan Dashboard TX Compliance pada PT X,” 2022.
Y. Galahartlambang, T. Khotiah, dan J. Jumain, “Visualisasi Data dari Dataset COVID-19 Menggunakan Pemrograman Python,” J. Ilm. Intech: Inf. Technol. J. UMUS, vol. 3, no. 1, pp. 58–64, 2021.
B. Setiawan, B. S. Wicaksono, M. H. Aziz, dan A. P. Sari, “Sistem Rekomendasi Linimasa Facebook Berdasarkan Topik Kesukaan Pengguna Menggunakan Metode Content-Based Filtering & TF-IDF,” J. Multidiscip. Inq. Sci. Technol. Educ. Res., vol. 1, no. 3c, pp. 1560–1566, 2021.
D. A. Putri, D. Pramesti, dan W. Santiyasa, “Penerapan Metode Content-Based Filtering dalam Sistem Rekomendasi Video Game,” J. Nas. Tek. Inf. dan Apl., vol. 1, no. 1, pp. 229–234, 2022.
H. D. Putri dan M. Faisal, “Analyzing the Effectiveness of Collaborative Filtering and Content-Based Filtering Methods in Anime Recommendation Systems,” J. Komputasi dan Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 124–133, 2023.
A. R. Wahono, B. A. Saputra, dan F. F. Rahman, “Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Metode Content-Based Filtering dan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN),” Pros. Sem. Nas. Tek. Inf. dan Bisnis, 2024.
B. Setiawan, B. S. Wicaksono, M. H. Aziz, dan A. P. Sari, “Sistem Rekomendasi Linimasa Facebook Berdasarkan Topik Kesukaan Pengguna Menggunakan Metode Content-Based Filtering & Term Frequency-Inverse Document Frequency,” J. Multidiscip. Inq. Sci. Technol. Educ. Res. (JITET), vol. 1, no. 3c, pp. 1560–1566, 2021.
H. A. Mahawardana, D. Maheswara, dan M. Taufiqurrahman, “Implementasi Bahasa Pemrograman Python Dalam Proyek Pengembangan Sistem Informasi,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 10, no. 2, pp. 97–103, 2022.
I. Ashari, F. Andini, dan A. Sudrajat, “Penerapan Google Colaboratory dalam Pembelajaran Analisis Data Menggunakan Python,” J. Ilm. Pendidik. dan Teknol. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 45–52, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

