Sikap Generasi Z Terhadap Adegan Kekerasan Dalam Film Berbalas Kejam

  • Erfandy Fuadiyaul M Universitas Islam Balitar
  • Yefi Dyan Nova Harumike Universitas Islam Balitar
Abstract views: 456 , PDF downloads: 122
Keywords: Kekerasan, film, generasi z, adegan kekerasan.

Abstract

Sikap adalah ekspresi perasaan (Inner feeling) seseorang yang ditunjukkan dengan perasaan senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, dan setuju atau tidak setuju dengan suatu hal. Pengalaman pribadi membentuk sikap ini. Banyak film domestik dan asing muncul di Indonesia, dan mereka sering ditayangkan di bioskop dan pertelevisian. Film Berbalas Kejam memiliki beberapa adegan kekerasan, yang dapat memengaruhi sikap remaja, terutama generasi Z. Penelitian ini meneliti sikap generasi Z terhadap adegan kekerasan dalam film berbalas kejam. Penelitian kuantitatif deskriptif digunakan dan akan didistribusikan melalui kuesioner berbentuk google formulir yang akan disebarkan melalui berbagai platform seperti Instagram, Telegram, Twitter, Facebook, dan juga WhatsApp. Gen Z, yang telah menonton film berbalas kejam, adalah subjek penelitian ini. Metode sampling purposive akan digunakan untuk mengumpulkan subjek sebanyak lima puluh orang. Hasil analisis memperlihatkan bahwa Secara kognitif, pengetahuan generasi Z masih terpengaruh oleh informasi yang mereka terima melalui media massa film. Hampir sekian banyak jawaban itu masih mencerminkan hasil pengetahuan mereka melalui media massa film itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara afektif, menunjukan emosi responden terhadap tokoh tertentu yang memperlihatkan emosi negatif seperti sedih.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erfandy Fuadiyaul M, Universitas Islam Balitar

Program Studi Ilmu Komunikasi

References

Abdullah, M. (2015). Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian. Yogyakarta: Aswaja Pressido.

Adi Sasono, D. (2014). Klasifikasi Genre Berdasarkan Judul Dan Sinopsis Menggunakan Fuzzy K-Nearest Neighbour (Fuzzy K-NN). Malang: Universitas Brawijaya.

Ahmadi, A., & Munawar, S. (1991). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, A., Rachmiawati, N., & Hakim, A. (2022). Analisis Pengaruh Film terhadap Perilaku Agresivitas Anak Usia 4 hingga 6 Tahun di RA Al-Muhajirin. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 45.

Arief, M. (2011). Pemrograman Web Dinamis yang enggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Azwar, S. (1998). Sikap Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Baran, S. (2018). Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture. New York: McGraw-Hill Education.

Bordwell, D., & Thompson, K. (2017). Film art: an introduction. New York: McGraw Hill Education.

Bugin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komuikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencaan Prenada Media.

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Corrigan, T. (2011). A short guide to writing about film. London: Longman.

Corrigan, T. (2015). A Short Guide to Writing About Film. London: Pearson.

Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Washington DC: SAGE Publications, Inc.

Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Effendy, O. (2003). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Malang: Remaja Rosdakarya.

Endraswara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Fadlli, M. (2021). Perilaku Anak Yang Sering Menonton Film Kartun Yang mengandung Unsur Kekerasan Siswa Kelas 4 SD Negeri 83 Saluma . Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Fajria, N. R. (2011). PENGARUH TAYANGAN OPERA VAN JAVA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KEKERASAN DI SMA TRIGUNA UTAMA JAKARTA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Faridah, U., Yulisetyaningrum, & Dhahlia, Y. (2019). Hubungan Menonton Televisi Dan Bermain Game Online Yang Mengandung Tayangan Kekerasan Dengan Perilaku Agresive Pada Anak Usia Sekolah Di Mi Muhammadiyah 2 Kudus. The 8th University Research Colloquium 2018, 337.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Boston: Addison-Wesley.

Fitri, A. (2020). Dampak Penayangan Film Dilan 1990 Terhadap Perilaku Berkomunikasi mahasiswa FDIK Jurusan KIP Tahun 2016. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan .

Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap remaja. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5.

Galtung, J. (1992). Kekuasaan dan Kekerasan. Jakarta: Pustaka jaya.

Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Makasar: Alauddin University Press.

Hastini, L., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia. Jural Manajemen Informatika, 16.

Herlambang, H. (2023, Februari 17). Review Film Berbalas Kejam (2023). Diambil kembali dari Kincir: https://kincir.com/movie/cinema/review-film-berbalas-kejam-2023-reza-rahadian-F0vhhujbMggi2A

Horby, A. S. (1989). OXFORD ADVANCED LEARNER’S DICTIONARY. Oxford: Oxford University Press.

Howe, N., & Strauss, W. (1991). Generations: The History of America's Future, 1584 to 2069. New York: William Morrow and Company, Inc.

Jayusman, I., & Shavab, O. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktifitas Belajar Mahasiswa Denngan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Sejarah. Jural Artefak, 13-20.

Juansyah, D., Rosidin, O., & Pahamzah, J. (2020). Perilaku kekerasan verbal Sebagai Dampak Pajanan Tayaga Kekerasan Dalam Sietro Studi Kasus Terhadap Siswa SMPN 3 Kota Serang. Jurnal membaca, 7.

Juliswara, V. (2014). Pendekatan Simulakra Terhadap Kekerasan Dalam Film Kartun Tom & Jerry. Jurnal Ilmu Komunikasi, 151.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2010). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus. Jurnal Edu, 3.

Luttrell, R. (2015). How To Engage, Share And Connect. London: Rowman & Littlefield.

McQuali, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. New York: Sage Publications Ltd.

Media, A. A. (2009). Policy Statement—Media Violence. Pediatrics, 1495–1503.

Miles, M., Huberman, A., & Saldiana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. New York: Sage Publications.

Moaco, J. (2009). How to read a film: movies, media, and beyond. Oxford: Oxford University Press.

Munawaroh. (2016). Dampak Pernikahan Dini Di Desa Margamulya Kecamatan Rembah Samo Kabupaten Roma Hulu. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Olweus, D. (2005). Bullying At School: What We Know And What We Can Do. New Jersey: Blackwell Publishing.

Organization, W. H. (2014, Mei 16). World Report on Violence and Health. Diambil kembali dari Global status report on violence prevention 2014: https://www.who.int/violence_injury_prevention/violence/world_report/en/

Petty, R., & Cacioppo, J. (1981). Attitudes and Persuasion: Classic and Contemporary Approaches. Canada: William C Brown Pub.

Prasanti, d. (2016). Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital. Jurnal Commed, 70.

R, H., & Palapah, M. (2011). Televisi Dalam Kehidupan Anak. Jurnal Sosial, Ekonomi, dan Humanoria, 477-478.

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reisya, Y. (2021). Pengaruh Pembentukan Perilaku Kekerasan Anak Dalam Tayangan Opera van Java. Jurnal Politikom Indonesiana, 1.

Rosenberg, M., & Hovland, C. (1960). Cognitive, Affective, and Behavioral Components of Attitudes. New Heaven: Yale University Press.

Salsabila, U., Sofia, M., Seviarica, H., & Hikmah, M. (2020). Urgensi Pengguaan Media Audiovisual Dalam meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikirann Alternatif Kependidikan, 292.

Salwa, N. (2020). Analisis Tentang Kekerasan Dalam Film Munafik 2. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Santoso, A. (2021). Representasi Adega Kekerasan Pada Tokoh Vicki Maloney Dalam Film Hounds Of Love (Analisis Semiotika Adegan Kekerasan Pada Tokoh VickiMaloney Dalam Film “Hounds Of Love”). Jurnal Komunika, 9.

Sobur, A. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Penerbit Remaja Rosdakarya.

Soeli, Y. M., Djunaidi, R., Rizky, A., & Rahman, D. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Pada Remaja. Jambura Nursing Journal, 85.

Subekti, W. (2018, Desember 7). Sosialisai Dan Komunikasi Terkait Dengan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. Diambil kembali dari bulelengkab.go.id: https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/sosialisasi-dan-komunikasi-terkait-dengan-pemberdayaan-perempuan-dan-perlindungan-anak-11

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitaatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyat, Y. (2009). Hubugan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1.

Sumarno, M. (2005). Dasar Dasar Apresiasi Film. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Surokim. (2016). Riset Komunikasi. Jawa Timur: Pusat Kajian Komunikasi Publik.

Suwandi, B. d. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wardani, R. C. (2017). KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MENGIJINKAN ANAK MENONTON FILM YANG MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN. Jurnal Promkes, 83.

Waskito, T. (2015). Teknologi Video Editing Dan Pembuatan Film Pendek. Yogyakarta: Deepublish.

Zemke, R., Raines, C., & Filipzcak, B. (1999). Generations at Work: Managing the Clash of Veterans, Boomers, Xers, and Nexters in Your Workplace. New York: Amacom.

Zuchdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Cakrawala Pendidikan , 53.

PlumX Metrics

Published
2024-01-30
How to Cite
Erfandy Fuadiyaul M, & Yefi Dyan Nova Harumike. (2024). Sikap Generasi Z Terhadap Adegan Kekerasan Dalam Film Berbalas Kejam. Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 1(1), 17-32. https://doi.org/10.35457/transgenera.v1i1.3498