RANCANG BANGUN MEDIA ANIMASI PICTORIAL RIDDLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BANGUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL

  • Hazairin Nikmatul Lukma Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Balitar
Abstract views: 409 , PDF downloads: 357
Keywords: media pembelajaran, animasi, pictorial riddle, fisika bangunan, learning media, animation, building physics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran yang bersifat menarik, kreatif, serta interaktif dalam sebuah proses pembelajaran, pada Mata Kuliah Fisika Bangunan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Balitar Blitar. Desain Media Pembelajaran merupakan tampilan animasi, dengan aplikasi Software Adobe Flash Player 8, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah Pictorial Riddle. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Fisika Bangunan, sebanyak 20 orang. Peningkatan tes hasil belajar mahasiswa dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media animasi Pictorial Riddle dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Bangunan, pada pertemuan pertama sebesar 17 % dengan N-gain sebesar 0,40 dan masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada pertemuan kedua terjadi peningkatan sebesar 11 % dengan N-gain sebesar 0,35, masuk dalam kategori sedang.

This research aims to design a learning media that is interesting, creative, and interactive in a learning process, in the Building Physics Course in the Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Blitar Balitar Islamic University. Learning Media Design is an animated display, with Adobe Flash Player 8 Software application, with the learning method applied is Pictorial Riddle. The study used a quasi-experimental method with the design of one group pretest-posttest design. The research sample was taken randomly from all students who programed the Building Physics course, as many as 20 people. Improved student learning outcomes tests were analyzed using N-gain. The results showed that the application of Pictorial Riddle animation media can improve student learning outcomes in the Building Physics course, at the first meeting of 18% with N-gain of 0.40 and in the medium category. While in the second meeting there was an increase of 12% with N-gain of 0.35, included in the medium category.

References

Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Benito, RM, Camara, ME, Losada, JC, Arranz, FJ, dan Seidel, L. 2007. Using Moodle and Flash Animations in an Interactive Learning Environment for Introductory Physics in Engineering. http//:www.wseas.us/e-library/conferences/2007tenerife/papers/572-588.pdf

Dermott, Lilian C. Mc.; Shaffer, Peter S; Rosenquist, Mark L..-------. Physics by Inquiry and Introduction to Physical Science Volume II. Washington : John Willey and Sons Inc

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Popov, Oleg dan Tevel, Irina.-------. Developing an Introductory Physics Course in Teacher Education Using Guided Inquiry and Outdoors Approaches. http//:www.outlab.ie/forums/.../popovjbsevol6no120070330_unu_se_306.pdf

Kohl, Patrick B. dan Finkelstein, Noah D..-------. Representational Format, Student Choice, and Problem Solving in Physics. http//:www.adsabs.harvard.edu/abs/2005AIPC..790..121K

Sri Anitah. 2007. Modul PLPG Media Pembelajaran. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Alfi Zarisa, Saminan. 2017. Penerapan Pembelajaran Inkuiri menggunakan Metode Pictorial Riddle pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1), 1-4.

Sitti Awal, Ahmad Yani, Bunga Dara Amin. 2016. Peranan Pictorial Riddle terhadap Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa SMAN 1 Bontonompo. Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (2), 249 -“ 266

Laili Mahmudah, Suparmi, Widha Sunarno. 2014. Pembelajaran Fisika meggunakan Metode Pictorial Riddle dan Problem Solving ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analis. Jurnal Inkuiri, 3 (2), 48-“59

Siti Masfuah. 2016. Pictorial Riddle melalui Pembelajaran ARCS untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (1), 104 - 110.

Siti Masfuah. 2016. Pictorial Riddle melalui Pembelajaran ARCS untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (1), 104 - 110.

Lori A Smolleck and Jacillyn Todd. 2017. The Effect of Science in Motion on Self Efficacy Beliefs Regarding Teaching Science As Inquiry. International Journal of Applied Research, 3 (1), 413 - 425.

. Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 198-“ 255.

Yaumi, Muhammad. 2017. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 129-“ 142.

Suryani, Nunuk; Achmad Setiawan; Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 47-“ 108

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenadamedia Group, 71-“ 103

Sutrisno; Suyadi. 2015. Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 132- 157

Heryanto, Imam; Totok Triwibowo. 2018. Path Analysis menggunakan SPSS dan Excel. Bandung : Penerbit Informatika

PlumX Metrics

Published
2018-09-29
How to Cite
Lukma, H. N. (2018). RANCANG BANGUN MEDIA ANIMASI PICTORIAL RIDDLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BANGUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL. Jurnal Qua Teknika, 8(2), 53-61. https://doi.org/10.35457/quateknika.v8i2.500