STUDI PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI JALAN SIMPANG GAJAYANA KOTA MALANG

STUDI PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI JALAN SIMPANG GAJAYANA KOTA MALANG

  • Suhudi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Kiki Frida Sulistyani Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • , Dian Noorvy Khaerudin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Yohanes Sahwa Putra Dius Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Abstract views: 0 , PDF downloads: 5
Keywords: Drainase, debit banjir rencana, dimensi saluran, efisiensi

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin bertambah jumlah penduduk pada suatu kawasan permukiman. Dengan banyaknya bangunan serta gedung-gedung bertingkat meyebabkan wilayah resapan air menjadi berkurang, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah, permasalahan tidak hanya pada sumber resapan air, namun sistem pembuangan air yang buruk juga menjadi penyebab utama sering terjadinya genangan air pada beberapa ruas jalan di Kota Malang, terutama pada ruas Jalan Simpang Gajayana. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka perlu adanya evaluasi terkait perencanaan saluran baru dengan tujuan agar air tidak menggenangi permukaan perkerasan jalan. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting saluran drainase, desain dimensi saluran drainase dan efisiensi saluran. Dalam penelitian ini pertama-tama dilakukan pengumpulan data berupa data primer dan sekunder, kemudian dilakukan analisis data seperti analisis hidrologi, hidrolika dan efisiensi saluran. Dari hasil analisis dan perhitungan didapatkan Qr5 th =0,028 – 0,209 m3/dt, Qr10 th =0,029 – 0,222 m3/dt, dimensi saluran baru SG 4 KR sepanjang 74 m direncanakan dengan ukuran 60 x 60 cm, SG 7 KR dengan sepanjang saluran 131 m direncanakan dengan ukuran 40 x 40 cm dan saluran SG 3 KN dengan panjang saluran 75 m direncanakan dimensi saluran dengan ukuran 60 x 60 cm. Dari hasil perhitungan yang dilakukan didapatkan bahwa sebelum adanya saluran pada SG 4 KR,SG 7 KR dan SG 3 KN sebanyak 6 saluran pada ruas Jalan Simpang Gajayana tidak efisien dan hanya 2 saluran yang efisien, setelah dilakukan evaluasi saluran dan pembuatan saluran baru maka seluruh yang ada dinyatakan efisien dalam membuang air didalam saluran.

References

1) Agustian, D., Pandulu, G. D., Sulistyani, K. F. 2020. Studi Penerapan Street Inlet STA 0+300 - STA 0+600 Meter Untuk Menanggulangi Genangan Air Pada Ruas Jalan Simpang Gajayana. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang
2) Fachruddin. 2013. Elevasi sistem drainase perkotaan studi kasus sistem drainase Dermaga Bogor.
3) Fatima, M. A. D. J., Suhudi., Widodo, E. 2014. Evaluasi Sistem Drainase Terhadap Genangan Di Kecamatan Wates Kabupaten Blitar.
4) Lubis, H., Hidayat,A., Rismalinda. 2013. perencanaan saluran drainase (studi kasus desa rambah).
5) Mato, B. L., dan Suhudi. 2012 Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Di Jalan Soekarno Hatta Malang.
6) Martins, M., Suhudi., Sulistyani, K. F. 2017. Evaluasi Sluran Drainase Pada Jalan Tlogo Indah Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru.
7) Sinaga, R. M., dan Harahap, R. 2016. Analisis sistem saluran Drainase pada jalan perjuangan Medan.
8) Soares, P. A., Suhudi., Irvani, H. 2018. Evaluasi Saluran Drainase pada Jalan Purwodadi Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.
9) Suhudi., dan Irvani, H. (2019). Perencanaan Saluran Drainase pada Jalan Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Reka Buana : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia, 4 (1), 49-56.
10) Suhudi, S., dan Koten, S. W. (2020). Perencanaan Sistem Drainase Perumahan Istana Safira di Jalan Jambu Semanding Sumber Sekar, Dau, Kabupaten Malang. Reka Buana : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia, 5(2), 147-158.
11) Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta : Andi
12) Tokan, B. A., Khaerudin, D. N., Arifianto, A. K. 2018.Studi Perencanaan Jaringan Drainase Permukiman Di Perumahan Pegawai Negeri Sipil Kepanjen Kabupaten Malang. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang

PlumX Metrics

Published
2022-09-02
How to Cite
Suhudi, S., Frida Sulistyani2K., Noorvy Khaerudin3 , D., & Sahwa Putra Dius4Y. (2022). STUDI PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI JALAN SIMPANG GAJAYANA KOTA MALANG: STUDI PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI JALAN SIMPANG GAJAYANA KOTA MALANG. Jurnal Qua Teknika, 12(2), 79-93. https://doi.org/10.35457/quateknika.v12i2.2369