IMPLEMENTASI CHATBOT "ALITTA" ASISTEN VIRTUAL DARI BALITTAS SEBAGAI PUSAT INFORMASI DI BALITTAS
Abstract
Conversational Bot atau Chatbot adalah sebuah konten yang divisualisasikan dalam format obrolan dan pengguna dapat berinteraksi dengan sistem menggunakan teks. Teknologi cerdas ini merupakan salah satu perkembangan dari Revolusi Industri 4.0 yang harus diimplementasikan guna meningkatkan pelayanan pada information service di segala industri terutama di BALITTAS (Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat) yang dinamakan ALITTA. ALITTA diimplementasi dengan tujuan untuk membantu pelayanan informasi dengan mesin penjawab otomatis, yang dapat melayani satu per satu pertanyaan yang dikeluhkan oleh pelanggan maupun pencari informasi BALITTAS secara cepat dan tidak terkendala waktu seperti jam kerja kantor, maupun terkendala dengan jumlah tenaga kerja. Chatbot ini dibangun dengan menerapkan sistem pakar dengan menggunakan metode forward chaining. Metode forward chaining digunakan untuk mencari kesimpulan dari fakta-fakta yang terkumpul. Metode forward chaining yang digunakan dalam sistem ALITTA menyelesaikan proses pencarian jawaban berdasarkan kata kunci dari pertanyaan user, dengaan cara mencari kata kunci yang digunakan sebagai jawaban atas respon pertanyaan user yang telah didaftarkan sebagai intents. Hasil penelitian ini adalah terciptanya chatbot “ALITTA” sebagai asisten virtual dari BALITTAS yang dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi secara flexibel dan tidak terikat waktu yang berkaitan dengan tanaman,hama, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terdapat di BALITTAS.
Downloads
References
[2] Accenture Interactive., (2016). CHATBOTS IN CUSTOMER SERVICE. Tersedia di : https://www.accenture.com/t00010101T000000__w__/br-pt/_acnmedia/PDF-45/Accenture-Chatbots-Customer-Service.pdf
[3] Sasmito Aribowo. A., Khomsah, Siti. Sistem Pakar Dengan Beberapa Knowledge Base Menggunakan Probabilitas Bayes Dan Mesin Inferensi Forward Chaining. Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011). Dipresentasikan di (semnasIF 2011) UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2 Juli 2011.[Online]. Tersedia : http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/1267
[4] Setiaji, Hari., Kurniawan, Rahardian. Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Dosen Guna Otomatisasi Penentuan Angka Kredit Dosen Dan Mendukung Aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2011 (SNATI 2011) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 17-18 Juni 2011. [Online]. Tersedia : https://www.neliti.com/publications/88557/sistem-informasi-penelitian-dan-pengabdian-dosen-guna-otomatisasi-penentuan-angk
Copyright (c) 2019 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License